Bahan Penunjang Sirup

bahan penunjang syrup

  • Flavor
Flavor merupakan suatau komponen tertentu yang mempunyai sifat khas yaitu gabungan dari semua perasan yang terdapat dalam mulut termasuk mouth feel. Tiga sumber komponen flavor yang digunakan dalam minuman ringan adalah ekstrak flavor dari alam, konsentrat sari buah, dan senyawa sintetik.

Bahan-bahan pemberi flavor dalam minuman harus memenuhi beberapa syarat yaitu mudah larut, dapat di campurkan, tidak menimbulkan efek rasa sisa yang tidak enak dalam lidah, tahan asam, bebas dari kontaminan, tahan panas dan stabil terhadap cahaya.

  • Zat Pewarna
Penentuan umum bahan pangan umumnya sangat tergantung pada beberapa faktor seperti cita rasa, tektur, nilai gizi, dan sifat mikrobiologis. Sebelum faktor-faktor lain di pertimbangkan secara visual faktor warna tampil lebih dahulu dan terkadang sangat menentukan. 

Berdasarkan sumbernya di kenal dua jenis zat warna yang termasuk dalam golongan bahan tambahan pangan, yaitu pewarna alami dan pewarna sintetis. Pewarna alami diantaranya karotenoid, riboflavin, antosianin dan tannin. Sedangkan pewarna sintetis diantaranya kuning FCF, amaran, biru berlian, indigotin dan eritrosin.

Zat warna dalam minuman digunakan untuk meningkatkan intensitas warna alami, menjaga stabilitas warna dan memperbaiki penampakan warna minuman untuk menambah daya tarik penerimaan produk.

  • Pengatur Keasaman
Pengatur keasaman (asidulan) merupakan senyawa kimia yang bersifat asam dan merupakan salah satu dari bahan tambahan pangan yang sengaja di tambahkan kedalam pangan dengan berbagai tujuan diantaranya untuk memperoleh rasa asam yang tajam sebagai pengontrol pH atau sebagai pengawet.

Penambahan asam kedalam minuman berfungsi untuk meningkatkan dan mempertegas flavor dan warna, pengawet serta melindungi flavor seperti menyelubungi after taste yang lebih di sukai. Pengatur keasaman jenis asam organik yang lebih sering digunakan untuk memperoleh atau memberikan rasa asam pada bahan pangan diantaranya adalah asam asetat, asam laktat, asam sitrat, asa, fumarat, asam malat, asam suksinat, asam tartat, dan asam fosfat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bahan Penunjang Sirup"

Post a Comment