Komposisi Kimia dan Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu, Menurut Para Ahli..?

Buah mengkudu mengandung komponen serat makanan (dietary fiber) yang cukup tinggi yaitu 3 gram per 100 gram buah yang dapat di makan sehingga berpotensi untuk di proses menjadi produk olahan berserat tinggi. Komposisi kimia buah mengkudu dalam 100 gram bagian yang dapat dimakan tersaji dalam tabel :

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah mengkudu sangat beragam, diantaranya adalah kalori, vitamin A, vitamin C, niasin, tiamin, riboflavin, besi, kalium, natrium, kalsium, protein, lemak dan karbohidrat. Beberapa jenis senyawa fitokimia dalam buah mengkudu adalah terpen, acubin, lasperuloside, alizarin, zat-zat antrakuinon, asam askorbat, asam kaproat, asam kaprilat, zat-zat skopoletin, damnakantal dan alkaloid.

Terpenoid dalam senyawa hidrokarbon isomerik terdapat pada minyak atau lemak esential, zat ini membantu tubuh dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh. Senyawa skopoletin (hidrok metoksi kumarin) sangat efektif sebagai unsur anti radang dan antialergi. Skopoletin juga dapat menghambat aktivitas E.coli. Skopoletin pada mengkudu adalah sejenis fitonutrien yang dapat mengikat seretonin yaiitu zat kimiawi penting didalam tubuh manusia .

Kekurangan serotonin dalam tubuh dapat mengakibatkan migrain, pusing, depresi, dan penyakit alzheimer. Gejala klasik penyakit demensia alzheimer adalah kehilangan memory (daya ingat) yang terjadi secara bertahap termasuk kesulitan menemukan atau menyebutkan kata yang tepat tidak mampu mengenali objek, lupa cara mengenakan benda biasa dan sederhana, seperti pensil, lupa mematikan kompor, menutup jendela atau menutup pintu, suasana hati dan kepribadian dapat berubah, agitasi, masalah dengan daya ingat dan membuat keputusan yang buruk dapat menimbulkan prilaku yang tidak biasa.

Skopoletin berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan mempelancar peredaran darah sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Skopoletin yang terdapat dalam buah mengkudu dapat berinteraksi sinergis nutraceutical (makanan yang berfungsi untuk pengobatan) lain untuk mengatur tekanan darah tinggi menjadi normal, tetapi tidak menurunkan tekanan darah yang sudah normal.

Senyawa antrakuinon dalam mengkudu antara lain adalah morindin, morindon dan alizarin, sedangkan alkaloidnya antara lain xeroin dan proxeronin (prekursor xeronin). Xeronin merupakan alkaloid yang di butuhkan tubuh manusia untuk mengaktifkan enzim serta mengatur dan membentuk struktur protein. Buah mengkudu hanya mengadung sedikit xeronin, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (prekursor) xeronine, yaitu proxeronine dalam jumlah besar.

Proxeronine adalah konstituen alkaloid yang tidak mengandung gula, asam amino atau asam nukleat. Kadar xeronine didalam tubuh kita akan meningkat jika kita mengkonsumsi proxeronine. Proxeronine akan di ubah menjadi xeronine didalam usus oleh enzim proxeronase dan zat-zat lain. Selanjutnya xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Kandungan nutrisi pada 100 gram buah mengkudu bisa di lihat pada tabel sebagai berikut :



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Komposisi Kimia dan Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu, Menurut Para Ahli..?"

  1. itu pada tabel terakhir yang kandungan nutrisi dalam 100 gram buah mengkudu, di belakang nomor ada huruf "a". itu maksudnya apa ya? mohon dijelaskan

    ReplyDelete
  2. Iya. Inisial a. Apa keterangannya

    ReplyDelete