Tween 80

Polisorbat 80 atau tween 80 dengan nama kimia Polioksietilen sorbitan monooleat merupakan serangakaian bagian ester asam lemak dari sorbitol. Polisorbat terdiri atas 20 unit oxyethylene yang merupakan surfaktan non ionik hidrofilik. Tween 80 biasa digunakan secara umum sebagai bahan pengemulsi dalam pengolahan emulsi minyak dalam air yang stabil.

tween 80

Polisorbat juga digunakan sebagai bahan pemerlarut untuk berbagai bahan termasuk minyak esensial dan vitamin yang larut minyak serta sebagai bahan pembasah dalam suspensi oral dan parenteral. Polisorbat stabil dalam elektrolit dan asam lemah sedangkan pada asam kuat dapat terjadi saponifikasi.

Polisorbat bersifat higroskopis dan seharusnya di periksa dari air untuk lebih lanjut dalam penggunaanya dan dikeringkan jika di perlukan. Selain itu dari beberapa jenis polyoxyethylene sufaktan apabila di simpan dalam jangka lama dapat terjadinya pembentukan peroksida.

Polisorbat dibuat dari sorbitol melalui tiga tahapan proses. Mula-mula air di pindahkan dari sorbitol untuk membentuk sorbitan (sorbitol siklik anhidrat). Kemudian sorbitan secara parsial dilakukan esterifikasi dengan asam lemak seperti asam oleat atau stearik untuk menghasilkan hexitan ester.
Selanjutnya etilen oksida di tambahkan dalam katalis untuk menghasilkan polisorbat.

Tween 80 termasuk kedalam bahan tambahan makanan yang bisa digunakan secara luas dalam produk pangan dan farmasi. Bahan ini di golongkan dalam sufaktan non ionik dan di aplikasikan pada produk pangan tertentu serta secara umum di akui sebagai bahan tambahan makanan yang aman (GRAS).
Struktur Kimia Tween 80

Selain itu tween 80 juga tidak menyebabkan iritasi dan memiliki tingkat toksisitas yang rendah atau bersifat non-irritant dan non-toxic. Menurut WHO pemasukan harian yang dapat diterima oleh manusia yaitu 25/kg berat badan artinya orang dewasa dengan berat 70 kg dapat mengkonsumsi 1.750 mg tween 80 setiap harinya dalam jangka waktu lama tanpa adanya efek racun.

Berdasarkan tingkat keamanannya tween 80 telah di akui oleh beberapa negara di eropa, Amerika, Cina dan Jepang sebagai bahan tambahan makanan yang aman. Tween 80 bisa digunakan dalam pembuatan es krim, acar, preparasi vitamin/mineral, shortening, whipped toppings, gelatin dessert cottage cheese, saus barbeque.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tween 80"

Post a Comment