Virgin Coconut Oil (VCO)

virgin coconut oil vco

Virgin Coconut Oil (VCO) adalah minyak kelapa murni yang berasal dari kelapa tua segar yang di olah pada suhu kurang dari 60 derajat celcius tanpa proses hidrogenisasi dan pemutihan sehingga menghasilkan minyak yang tidak berwarna dan berbau khas kelapa.

Minyak kelapa murni Virgin Coconut Oil atau VCO merupakan salah satu hasil olahan dari buah kelapa (Coconus nucifera). Menurut Codex Stan 1999 Codex Alimentarius mendefinisikan bahwa virgin oil sebagai lemak dan minyak makanan yang diperoleh dengan tidak mengubah sifat alami minyak, minyak diperoleh hanya dengan perlakuan mekanis dan pemakaian panas minimal.

Istilah virgin digunakan untuk membedakan bahwa minyak yang dihasilkan berbeda dengan minyak kelapa pada umumnya VCO di olah dari bahan baku kelapa segar tanpa proses penyulingan yang berarti suhu prosesnya lebih rendah dan tanpa penggunaan bahan kimia.

Minyak VCO merupakan lipid yang pada suhu kamar berwujud cairan sedangkan lemak merupakan lipid yang pada suhu kamar berwujud padat. Perubahan suhu akan menyebabkan perubahan lemak menjadi minyak dan sebaliknya. Keduanya merupakan lipid atau asam lemak yang mengandung trigliserida. Minyak ini tahan terhadap panas, cahaya, oksigen, dan proses oksidasi sehingga dapat di simpan dalam jangka waktu yang lama.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Virgin Coconut Oil (VCO)"

Post a Comment