Jenis Sorgum

jenis sorghum

Jenis sorgum dapat di bedakan berdasarkan beberapa kriteria yaitu berdasarkan warna, kadar amilosa dan kegunaan. Menurut Dewan Standarisasi Nasional 1992, sorgum dapat di bedakan berdasarkan warna yaitu sorgum putih atau kuning, sorgum cokelat dan sorgum campuran.

jenis sorgum

Menurut Suprapto dan Mudjisihono 1987 sorgum di bedakan berdasarkan kandungan amilosanya yaitu sorgum jenis beras dengan kadar amilosa 25% dan sorgum jenis ketan dengan kadar amilosa 2%.

Jenis sorgum berdasarkan kegunaannya di bagi atas 4 golongan yaitu :


  • Sorgum Biji (Grain Sorghum)
Sorgum biji mempunyai bentuk butir biji relatif besar dan terpisah dari sekamnya dibanding dengan jenis lainnya biasanya berwarna putih, kuning, merah, cokelat, dan merah muda. Sorgum biji ini di manfaatkan sebagai bahan makanan antaralain beras sorgum, tepung sorgum dan tape sorgum yang termasuk jenis sorgum ini adalah Durra dengan warna biji putih dan coklat, Feterita dengan warna biji putih, Hegari dengan warna biji putih suram dan Guineese dengan warna biji putih dan merah lembayung.

  • Sorgum Manis (Sorgo)
Sorgum manis mempunyai ukuran biji yang lebih kecil dari jenis sorgum biji, dan memiliki warna biji putih dan coklat. Kadar tanin sorgum jenis ini cukup tinggi sehingga nilai cernanya rendah, jenis sorgum ini biasanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan di olah menjadi sirup dan minuman beralkohol atau bir.

  • Sorgum Sapu (Broom Corn) 
Sorgum sapu mempunyai ukuran biji kecil-kecil dan bijinya tertutup oleh sekam berbentuk cembung dan memiliki warna biji coklat. Sorgum ini dimanfaatkan sebagai bahan baku industri sapu, jenis-jenisnya diantara lain Kaoliang dan Technicum Jav.

  • Sorgum Rumput (Grass Sorghum)
Sorgum rumput mempunyai biji yang tertutup penuh oleh sekam berbentuk cembung berukuran panjang dan runcing serta memiliki warna biji bervariasi yaitu dapat berwarna kuning, gelap, coklat, coklat kemerahan, ke abu-abuan atau merah lembayung. Sorgum rumput biasanya di manfaatkan sebagai makanan ternak antara lain jenis Sudan grass dan Jhonson grass.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis Sorgum"

Post a Comment