Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu dan Manfaat nya..

Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiki kadar serat yang cukup tinggi sehingga sangat berpotensi diolah menjadi produk olahan berserat tinggi. Selain itu mengkudu memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam diantaranya adalah kalori, vitamin A, vitamin C, niasin, tiamin, riboflavin, besi, kalsium, natrium, kalium, protein, lemak dan karbohidrat. Beberapa jenis senyawa fitokimia dalam buah mengkudu adalah terpen, acubin, lasperuloside, alizarin, zat-zat antrakuinon, asam askorbat, asam kaproat, asam kaprilat, zat-zat skopoletin, damnakantal, dan alkaloid.

Senyawa fitokimia dalam mengkudu seperti terpen dan skopoletin merupakan zat kimiawi penting dalam tubuh manusia, sedangkan acurbin lasperulosirde dan alizarin sangat efektif sebagai anti bakteri. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti, mengkudu memiliki banyak manfaat yang tidak dimiliki oleh jenis buah-buahan lainya diantaranya adalah aktivitas antibakteri, aktivitas antioksidan, serta mengurangi resiko tumor dan kanker selain itu telah dilakukan beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mengkudu dapat mengurangi resiko diabetes mellitus.

Saat ini pengolahan mengkudu sangat terbatas pada jenis produk seperti sari buah, sirup, tablet dan kapsul, yang di promosikan sebagai minuman dan makanan kesehatan..mudah-mudahan kedepan nya banyak produk dari buah mengkudu ini..

Nah sudah tahu kan broo..manfaatnya banyak banget jadi broo bisa cobain deh ..barangkali bisa di jus asalkan kuat aja broo.. namanya obat pahit sedikit gakpapa lah :) silahkan tinggalkan komentarnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu dan Manfaat nya.."

Post a Comment