Mengkudu

Buah Mengkudu

Tanaman mengkudu merupakan tumbuhan perdu yang tergolong kedalam suku kopi-kopian (Rubiaceae) yang berasal dari tahiti dan hawaii. Tanaman mengkudu ini telah banyak di manfaatkan sebagai tanaman obat. Buah mengkudu putih kekuningan, berair, memiliki panjang 5-10cm dengan diameter 3-4cm, lunak dan berbau busuk ketika buahnya matang. Bau itu timbul karena percampuran antara asam kaprik dan asam kaproat senyawa lipid atau lemak yang gugusan molekulnya mudah menguap menjadi bersifat seperti minyak atsiri, yang berbau tengik dan asam kaprilat yang rasanya tidak enak di duga kedua senyawa ini bersifat aktif sebagai antibiotik.

Pohon, Buah Mengkudu

Terdapat sekitar 80 spesies tanaman yang termasuk dalam genus Morinda. Hanya sekitar 20 spesies Morinda yang mempunyai nilai ekonomis antara lain :

  • Morinda Bracteata
  • Morinda Officinalis 
  • Morinda Fructus
  • Morinda Tincrotia
  • Morinda Citrifolia

Morinda Citrifolia adalah jenis yang paling poluler sehingga sering disebut sebagai Queen of The Morinda . Mengkudu diklasifikasikan menjadi kingdom plantae (tumbuhan), subkingdom Tracheobhionta (tunbuhan berpembuluh) sumber divisi spermathophyta (menghasilkan biji) divisi magnoliophyta (tumbuhan berbunga) kelas magnoliopsida (berkeping dua/dikotil) subkelas asteridae ordolubiales, famili rubiaceae (suku kopi-kopian) genus morinda dan spesies Morinda citrifolia L.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengkudu"

Post a Comment