Komposisi Kimia Biji Sorgum Kultival Lokal Bandung dan Genotipe 1.1

komposisi kimia biji sorgum kultival lokal bandung dan genotipe 1.1

Sorgum kultivar lokal bandung termasuk kedalam jenis tannin sorghum karena biji sorgum memiliki kandungan tannin yang tinggi dan memilikik pigmen pada testanya sedangakan sorgum genotip 1.1 termasuk kedalam jenis white sorghum karena biji sorghum memiliki kandungan tannin yang rendah dan tidak memiliki pigmen pada lapisan testanya.

Biji sorgum dapat di bedakan berdasarkan kandungan tanninnya menjadi sorgum tipe I (tidak memiliki tannin), tipe II (memiliki tannin pada lapisan testa yang berpigmen), dan tipe III ( memiliki tannin pada lapisan testa yang berpigmen dan perikarp). Berdasarkan tipe-tipe tersebut sorgum kultivar lokal bandung termasuk kedalam tipe III sedangkan genotipe 1.1 termasuk kedalam tipe I.

Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Beta et al 2001, menunjukan bahwa jenis sorgum yang tidak mengandung lapisan testa berpigmen menghasilkan beras sorgum yang paling cerah di bandingkan dengan jenis sorgum lain yang mengandung lapisan testa berpigmen ketika di sosoh.

Komposi Kimia Biji Sorgum Kultivar Lokal Bandung dan Genotipe 1.1


Sumber : Yuliandi 2009

Kandungan karbohidrat dari sorgum kultivar lokal bandung dan genotipe 1.1 berkisar antara 81-81% . Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat kedua jenis sorgum ini sangat berpotensi sebagai pensubtitusi beras dan terigu yang selanjutnya di olah menjadi produk olahan pangan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Komposisi Kimia Biji Sorgum Kultival Lokal Bandung dan Genotipe 1.1"

Post a Comment