Proses Pembuatan Sari Kacang Hijau

sari kacang hijau

Definisi sari kacang hijau mengacu kepada definisi sari kacang kedelai. Sari kacang hijau merupakan ekstrak dari kacang hijau di campur air dengan perbandingan tertentu. Definisi lain menyebutkan sari kacang hijau adalah minuman yang merupakan hasil ekstraksi kacang hijau oleh air di peroleh melalui penggilingan biji kacang hijau yang telah di rendam dalam air.

Hasil penggilingan kemudian di saring untuk memperoleh filtrat atau cairan sari kacang hijau yang kemudian di didihkan dan di beri gula atau flavor untuk meningkatkan cita rasa. Pembuatan sari kacang hijau mengacu pada pembuatan sari kedelai salah satu nya dengan metode illionis. Beberapa kelebihan sari kacang hijau yang di buat dengan metode ini adalah mengandung protein yang tinggi, nilai nutrisi dan flavornya baik serta memiliki stabilitas koloidal yang baik.

Pembuatan sari kacang hijau di mulai dengan sortasi kacang hijau, proses selanjutnya adalah pencucian dengan air bersih mengalir perendaman dalam air selama 8 jam, perebusan pada suhu ( 85℃ 土 5℃ ) selama 20 menit pendinginan dan penirisan penggilingan deng di tambah air panas (T=90℃) perbandingan air dan kacang 8:1 yang di tambahkan juga NaHCO3 (0,5 g/1) penyaringan dengan kain saring rangkap dua dan pemanasan sari kacang hijau pada suhu (90℃ ± 5℃) selama kurang lebih 30 menit sehingga di dapatkan sari kacang hijau yang siap konsumsi.

Salah satu variabel penting dalam pembuatan sari kacang adalah perlakuan panas yang dilakukan saat pemblansingan kacang hijau dalam air mendidih selama ± 10 menit. Proses ini dilakukan untuk beberapa tujuan yaitu menginaktivasi faktor antinutrisi seperti tripsin inhibitor, mendenaturasi protein sehingga mudah di cerna memperpanjang umur simpan produk dan menginaktivasi enzim lipoksigenase sehingga bau langu dapat di minimalkan.

Komposisi Kimia Sari Kacang Hijau (%b/b)


Sari kacang hijau merupakan minuman yang bergizi tinggi, selain kandungan proteinnya yang cukup tinggi juga mengandung karbohidrat, mineral, vitamin serta dalam jumlah kecil lemak dan serat. Komposisi kimia sari kacang hijau perbandingan air dan kacang hijau 10:1 terlihat bahwa kandungan terbesar dari sari kacang hijau adalah air 96,23% di susul karbohidrat 2,50% protein 0,86%, serat lemak, serat dan abu dalam jumlah kecil.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Proses Pembuatan Sari Kacang Hijau"

Post a Comment