Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour)

mocaf modified cassava flour

Salah satu produk dari singkong yang akhir-akhir ini di kembangkan adalah tepung tapioka, tepung singkong, dan ampas tapioka. Tepung singkong merupakan tepung kering yang berwarna putih yang di olah dari singkong segar melalui beberapa tahap pemrosesan. Tepung singkong ini di buat tanpa adanya penambahan bahan pengawet, bahan pewarna, ataupun bahan perasa sehingga tepung ini berasa gurih dan beraroma khas singkong.

Tepung singkong merupakan bahan makanan sumber karbohidrat yang cukup baik karena dalam setiap 100g terkandung karbohidrat 88,20g. Tepung singkong telah banyak digunakan dalam pembuatan produk-produk pangan antara lain seperti roti, biskuit, mie instan dan lain-lain. Tepung singkong dapat di modifikasi untuk memperoleh mutu produk yang lebih baik dan sesuai keinginan.

Modifikasi tepung singkong dapat dilakukan melalui proses fermentasi sehingga dihasilkan produk baru yang merupakan turunan dari tepung singkong yaitu tepung MOCAF. Modified Cassava Flour (MOCAF) adalah produk turunan dari tepung singkong yang di buat dengan menggunakan prinsip modifikasi sel singkong secara fermentasi sehingga menghasilkan karakteristik khas baik sifat fisik dan organoleptik maupun kimianya, Subagio et al 2008.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour)"

Post a Comment