Komposisi Kimia Kacang Merah

komposisi kimia kacang merah

Kacang merah merupakan salah satu sumber protein nabati dan memiliki peranan yang sangat penting dalam usaha perbaikan gizi. Biji kacang merah yang biasa di konsumsi mengandung protein antara 21-27%. Disamping kaya protein kacang merah baik untuk sumber karbohidrat, vitamin B1 (Tiamin), vitamin B2 (Riboflavin), dan niasin.

Selain itu kacang merah juga mengandung karoten yang merupakan precursor vitamin A dan sumber mineral yang baik meliputi kalsium, besi, tembaga, fosfor serta magnesium dalam jumlah yang relatif lebih besar.

Karbohidrat pada kacang merah antara lain terdiri dari sukrosa 2.56%, rafinosa 0.71%, stakiosa 3.77%, gula 1.6%, dekstrin 3.7%, pati 35.2%, pentosan 8.4%, galaktan 1.3%, dan pectin 0.7%. Adapun kandungan komponen lemak dari kacang merah terdiri atas asam lemak jenuh 19% dan asam lemak tidak jenuh 63.3%.

Komposisi Kimia Kacang Merah Per 100 Gram Biji Kering



Berdasarkan tabel di atas tampak bahwa kandungan protein kacang merah cukup tinggi yaitu 22 gram dalam 100 gram biji kering. Protein kacang merah memiliki susunan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Komposisi Kimia Kacang Merah"

Post a Comment