Kacang Koro Benguk

kacang koro benguk

Koro-koroan merupakan salah satu jenis kacang - kacangan lokal yang memiliki beragam varietas dan biasa di gunakan sebagai bahan baku pengganti kedelai dalam pembuatan tempe. Kandungan gizi koro tidak kalah dengan kedelai yaitu karbohidrat dan protein yang cukup tinggi serta kandungan lemak yang rendah. Salah satu jenis kacang koro-koroan benguk (Mucuna pruriens).

Mucuna pruriens spp. dapat di temukan di daerah-daerah tropis yang merupakan bagian dari benua asia dan sudah banyak di temukan dalam bentuk penyilangan juga hibridanya. Spesies yang umum di temui antara lain M.deeringiana Merrill, M. utilis (Bengal velbetbean) M.pruriens (L.) DC., M.nivea, M.Hassjo (Yokohama velbetbean), M. atterima Holland (Mauritius dan Bourbon velbetbean), M.capitatac dan M.diabolica.

Terdapat empat macam varietas koro benguk yang ada di jawa yaitu ras (putih dengan bercak putih), lutung (hitam), rempelo (merah), dan putih (putih). Komposisi zat gizi keempat varietas ini tidak jauh berbeda yaitu dengan kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi sedangkan kandungan lemaknya rendah.

Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kedelai menyebabkan produk-produk olahan dari kacang koro benguk mempunyai tekstur yang lebih kenyal.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kacang Koro Benguk"

Post a Comment