Ekstruder

twin screw ekstruder
Twin Screw Extruder, Giles et al 2005.

Alat untuk melaksanakan proses ekstrusi dinamakan ekstruder. Jenis extruder dapat di klasifikasikan berdasarkan karakteristik ulir diantaranya adalah extruder ulir tunggal (single screw ekstruder) dan ekstruder ulir kembar (twin screw ekstruder).

Ekstruder yang paling sering digunakan untuk produk pangan adalah jenis ekstruder ulir tunggal. Suhu optimum yang digunakan untuk bahan yang berasal dari pati patian adalah 170 derajat celcius - 200 derajat celcius agar mendapatkan pengembangan yang optimum.

Prinsip dasar operasi dari ekstruder adalah sama untuk semua tipe yaitu bahan di masukan ke dalam ekstruder, gerakan maju yang di hasilkan oleh putara ulir akan menggiling dan menekan bahan sehingga menjadi adonan yang homogen.

Kemudian bahan mulai tergelatinisasi oleh panas yang di hasilkan dari dinding-dinding barrel dan panas yang di hasilkan dari gesekan dan gerakan mekanis ulir. Pada kondisi tekanan tinggi dan panas tersebut adonan yang padat dan tergelatinisasi itu mengalami perubahan thermoplastis dan mulai bergerak mengalir.

Celah yang kecil di ujung ekstruder (die) memungkinkan adonan tersebut untuk terdorong keluar. Ketika bahan keluar dan terkena tekanan atmosfer maka tekanan di lepaskan dan terjadi penguapan air menyebabkan meningkatnya volume produk yang diekstrusi beberapa kali lipat, Ang dkk, 1984

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ekstruder"

Post a Comment