Proses Pembuatan Sari Buah Mengkudu

Mengkudu mengandung komponen bioaktif seperti xeronine dan proxeronine, xeronie dapat meregenerasi sel diantaranya untuk antiaging dan masalah pembuluh darah (aterosklerosis). Mengkudu dapat pula digunakan untuk mengobati kanker, memperbaikii sistem imun dan mengkudu juga berfungsi sebagai antibakteri, efekantioksidan, dan dapat mengurangi resiko diabetes.


Prose Pembuatan Sari Buah Mengkudu :

  • Penyortiran dan Pencucian
Sortasi dilakukan dengan cara memilih buah mengkudu yang sudah cukup tua bertekstur keras dan berwarna putih kekuningan. Pencucian dilakukan dengan tujuan menghilangkan kotoran yang melekat pada kulit buah.
  • Pemeraman
Buah di peram selama 2-3 hari didalam keranjang plastik yang di alasi dengan kertas tisu dan di tutup dengan plastik, lalu dibiarkan pada suhu ruang pemeraman mengkudu ini dilakukan untuk mendapatkan buah mengkudu dengan tingkat kematangan yang seragam.
  • Perlakuan Blansing
Blansing dilakukan dengan menggunakan uap panasa selama 3 menit, proses blansing ini bertujuan untuk menginaktivasi enzim dan menurunkan jumlah mikroba awal buah, serta menghambat perubahan warna yang tidak dikehendaki dan memperbaiki flavor. Setelah dilakukan blansing buah mengkudu di rendam dalam air hingga dingin.

proses pembuatan sari buah mengkudu
Alur Proses Pembuatan Sari Buah Mengkudu

  • Trimming dan Chopping
Trimming dilakukan secara manual dengan membuang bagian buah yang tidak berguna, bagian ujung dan bercak coklat pada bagian kulit. Chopping dilakukan dengan tujuan memperkecil ukuran buah sehingga memudahkan proses penghancuran.
  • Penambahan Air
Buah yang telah di potong-potong lalu di timbang kemudian dilakukan penambahan air sebanyak 1:1 penambahahan air ini bertujuan untuk mempermudah proses pemerasan buah mengkudu.
  • Pemerasan dan Penyaringan
Pemerasan dan penyaringan bertujuan untuk memisahkan sari buah dengan ampasnya sehingga di hasilkan sari buah yang jernih. Penyaringan di lakukan dengan menggunakan kain saring bersih berwarna putih 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Proses Pembuatan Sari Buah Mengkudu"

Post a Comment