Mengkudu Mengurangi Diabetes Mellitus

mengkudu mengurangi diabetes mellitus

Diabetes mellitus adalah penyakit metabolik yang di tandai dengan terjadinya hiperglikemik yang di sebabkan oleh gangguan sekresi insulin dan atau kerja insulin, sehingga terjadi abnormalitas metabolime karbohidrat, lemak, protein. Secara garis bersar komplikasi diabetes mellitus di bagi menjadi 2 yaitu komplikasi metabolik dan komplikasi vaskular jangka panjang. Komplikasi metabolik yang paling sering ditemui adalah pada DM tipe1 yaitu ketoasidasi diabetik (DKA), yang di tandai dengan adanya hiperglikemi (gula dara >300 mg/dl).

Komplikasi vaskular jangka panjang melibatkan pembuluh-pembuluh darah kecil (mikroangiopati) diantaranya retinopati diabetik, nefropati diabetik, neuropati diabetik, dan komplikasi pembuluh darah sedang maupun besar (maktoangiopati) antaralain aterosklerosis, gangguan pada ekstrimitas dan strokes akibat diabetes. Morinda citrifolia L. yang di kenal dengan mengkudu banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan obat alami.

Ekstral etanol Morinda citrifolia L. mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menahan laju absorbsi glukosa darah dari saluran cerna menuju pembuluh darah sehingga mampu menahan laju peningkatan kadar glukosa darah. Dengan mencegah peningkatan kadar glukosa darah karena diharapkan dapat mencegah peningkatan radikal bebas.

Kadar etanol mengkudu efektif untuk menurunkan kadar gula darah, kadar gula darah pada tikus DM yang diberikan perlakukan ekstrak etanol Morinda citrifolia L. dosis 10,20,40,80 mg/dl terbukti lebih rendah yaitu 408,81mg/dl dari pada sebelum diberi perlakuan ekstrak etanol Morinda citrifolias L. yaitu 553,04 mg/dl.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengkudu Mengurangi Diabetes Mellitus"

Post a Comment