Antioksidan Buah Mengkudu,,Menurut Para Ahli ?

Buah Mengkudu

Mengkudu merupakan tanaman obat yang memiliki aktivitas antioksidan yang bisa melindungi individu dari radikal bebas dan peroksidasi lipid. Jus mengkudu yang di uji secara in vitro menunjukan inhibisi peroksidasi lipid dan radikal anion superoksida yang bersifat tergantung dosis. Aktivitas mengurangi radikal anion superoksida dari jus mengkudu di bandingkan dengan tiga macam antioksidan yang telah dikenal, yaitu vitamin C, bubuk biji anggur dan piknogenol sesuai dosis yang direkomedasikan. Beradasarkan kondisi penelitian tersebut aktivitas meredam radikal anion superoksida dari jus mengkudu adalah 2,8 kali vitamin C, 1,4 kali piktogenol dan 1,1 kali bubuk biji anggur.

Aktivitas antioksidan mengkudu bisa juga merupakan kontribusi dari flavonoid yang dikandungnya. Flavonoid berfungsi seebagai penangkap ion superoksida dan radikal hidroksi. Flavonoid juga mendonorkan atom hidrogen ke radikal peroksi membentuk radikal flavonoid yang mudah bereaksi dengan radikal bebas sehingga reaksi radikal rantai berhenti. Salah satu pengujian yang dapat digunakan dalam penentuan aktivitas antioksidan adalah dengan metode DPPH (1,1 -Diphenyl-2-pichrihydrazyl.) Metode DPPH di pilih karena memiliki beberapa kelebihan antara lain sederhana, mudah, cepat, peka, serta memerlukan sedikit sampel.

Parameter yang digunkan untuk mengetahui aktivitas antioksidan adalah IC50 yang didefinisikan sebagai konsentrasi senyawa antioksidan yang menyebabkan hilangnya 50% aktivitas DPPH. Larutan DPPH yang awalnya berwarna ungu setelah bereaksi dengan antioksidan alami akan membentuk warna kuning. Semakin tinggi kandungan antioksidan maka warna ungu pada larutan DPPH akan semakin berkurang dan membentuk warna kuning.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Antioksidan Buah Mengkudu,,Menurut Para Ahli ?"

Post a Comment