Pembuatan Pati Ubi Jalar

ubi jalar                   

Tahap pembuatan pati ubi jalar Richana dan Titi (2004) terdiri dari proses pencucian, pengupasan, pengecilan ukuran, penyaringan, pengendapan, pencucian, pengeringan, penggilingan dan pengayakan dengan ayakan 100 mesh. Secara rinci tahapan pembatan pati ubi jalar adalah sebagai berikut : 

diagram-pati-ubi-jalar - Copy

  1. Pencuciaan :  Pencucia ubi jalar bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang masih melekat pada permukaan kulit ubi jalar.

  2. Pengupasan : Pengupasan ubi jalar, bertujuan untuk membuang bagian-bagian yang tidak di inginkan dan rusak seperti bagian lapisan kulit luar, akar dan kotoran yang melekat pada lapisan kulit serta bagian yang cacat.

  3. Pengecilan Ukuran : Pengecilan ukuran bertujuan mempermudah proses penghancuran ubi jalar.

  4. Penghancuran : Penghancuran ubi jalar bertujuan untuk merusak jaringan pada ubi jalar sehingga mempermudah pengeluaran pati. Penghancuran dilakukan dengan bantuan air dengan perbandingan 1:2 dengan menggunakan blender.

  5. Penyaringan : Penyaringan bertujuan untuk memisahkan fraksi pati dengan ampas dengan menggunakan kain saring.

  6. Pengendapan : Pengendapan pati bertujuan untuk memisahkan fraksi pati dengan komponen lain yang tidak di inginkan. Pengendapan di lakukan selama 24 jam.

  7. Pencucian Pati : Pencucian pati bertujuan untuk memisahkan komponen pati dengan kotoran yang masih melekat pada pati. Pencucian dilakukan sebanyak 3 kali dengan bantuan air bersih.

  8. Pengeringan : Pengeringan bertujuan untuk mengeluarkan air yang terdapat pada bahan hingga diperoleh kadar air tertentu. Pengeringan dilakukan dengan menggunakan oven pada suhu 50 derajat celcius selalama 24 jam.

  9. Penggilingan : Penggilingan bertujuan untuk menghancurkan pati ubi jalar yang telah dikeringkan hingga membentuk partikel-partikel yang halus. Penggilingan dilakukan dengan menggunkan grinder selama 1 menit.

  10. Pengayakan : Pengayakan bertujuan untuk memisahkan bagian-bagian yang tidak diinginkan seperti kotoran, debu atau bahan lain yang mungkin terikut sehingga akan menghasilkan pati yang memiliki tekstur halus dan ukuran yang seragam. Pengayakan dilakukan dengan menggunakan ayakan 100 mesh.                                                                                                                            Nah mungkin itu ya broo,,yang mungkin bisa saya shared..monggo di tambahin sendiri kekurangan nya maturnuwun...!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pembuatan Pati Ubi Jalar"

Post a Comment