Madu

madu

Madu adalah zat yang dihasilkan oleh lebah madu melalui proses pengumpulan dan modisikasi nektar dan cairan manis yang terdapat pada tanaman yang di simpan dalam sarang madu. Produk madu merupakan produk yang sebagian atau seluruhnya mengandung madu namun tidak memenuhi kriteria komposisi madu secara keseluruhan.

Menurut sarwono 2008 madu adalah zat manis alami yang di hasilkan dengan bahan baku nektar bunga. Nektar adalah senyawa kompleks yang dihasilkan kelenjar tanaman dalam bentuk larutan gula. Perubahan nektar menjadi madu dimulai ketika lebah pekerja membawa nektar ke sarangnya. Nektar yang berhasil di bawa pulang di oper kepada lebah pekerja lainnya untuk di campur dengan air liur lebah dan di hilangkan airnya.

madu

Lebah alami indonesi terdiri dari 3 spesies yakni Apis adrenoformis, Apis cerana dan Apis dorsata. Zata khusus pada lebah yang berfungsi dalam proses pemecahan gula adalah cairan saliva lebah yang mengandung enzim-enzim hirolase. Enzim invertase yang di tambahkan oleh lebah pekerja ketika meminum dan memuntahkan kembali madu berfungsi untuk mengubah sukrosa menjadi dekstrosa (glukosa) dan levulosa (fruktosa).

Menurut sihombing 1997 madu di daerah tropis seperti indonesia dapat di kelompokan kedalam tiga jenis berdasarkan sumber nektarnya yaitu madu floral, madu ekstra floral, dan madu embun. Madu floral merupakan madu yang dihasilkan dari nektar bunga .Nektar bunga tersebut dapat terdiri dari satu bunga atau lebih.

Madu yang berasal dari nektar-nektar bunga yang sejenis disebut madu monofloral sedangkan madu yang berasal dari macam-macam bunga di sebut madu poliferal. Sebaiknya madu yang di hasilkan dari hasil sekresi bagian tanaman lain selain bunga, seperti daun, batang atau cabang di sebut madu ekstrafloral.

Madu embun berasal dari nambur madu (honey dew) nambur madu merupakan hasil sekresi famili lebah tertentu yang di letakan pada bagian-bagian tanaman. Cairan hasil sekresi tersebut kemudian di hisap, di kumpulkan dan di ubah oleh lebah madu menjadi madu. Proses pembuatan madu oleh lebah madu menurut Ward 1983 terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pengumpulan nektar dari tanaman, tahap proses pengubahan nektar menjadi gula invert dalam tubuh lebah dengan penambahan enzim dan tahap pengurangan kadar air.

Dalam tahap pembuatan madu enzim yang berperan untuk mengubah nektar menjadi madu dengan cara memecah sukrosa menjadi gula-gula sederhana (fruktosa dan glukosa) adalah enzim invertase yang terdapat pada saliva atau air liur lebah. Tahap selanjunya yaitu tahap pengurangan kadar air terjadi saat madu mengalami pematangan di dalam sarang lebah.

Proses ini berlangsung dengan bantuan kipasan sayap lebah yang berfungsi mengatur kelembaban udara. Pengurangan air terjadi karena adanya perbedaan tekana uap air antara cairan bakal madu dengan udara luar. Menurut sarwono 2008, madu yang baru sampai di sarang lebah mempunyai kadar air sekitar 50%. Setelah lebah mengipasi dengan sayapnya selama beberapa hari kadar air madu turun menjadi sekitar 18%.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Madu"

Post a Comment