Cara Pembuatan Teh Rosella

pembuatan teh rosella

Pada tanaman rosella simplisia yang di manfaatkan adalah simplisia bunga. Simplisia merupakan bagian dari tanaman yang masih sederhana, murni, belum di campur, belum di olah, dalam keadaan bersih dari tanaman kultur budidayanya dan pada umumnya memberikan bahan berkhasiat obat.

Perlakuan-perlakuan lebih lanjut seperti pengeringan pada simplisia di perlukan untuk mempertahankan khasiat tertentu mempermudah distribusi dan sebagai penyedia industri, Simplisia bunga rosella kering lebih di kenal masyarakat dengan sebutan teh rosella.

Cara pembuatan teh rosella meliputi pemanenan, sortasi, pengeringan dan pengemasan. pemanenan di lakukan dengan cara pemetikan bunga rosella yang mahkotanya telah merekah hingga yang sudah rontok.

Setelah di panen dilakukan sortasi dengan memisahkan daun, biji dan mahkota bunga yang berwarna kuning dari kelopak bungan yang berwarna merah. Kelopak bunga yang berwarna merah kemudian dikeringkan dengan di jemur dengan sinar  matahari.

Pengeringan di lakukan selama tiga hari hingga kadar airnya di bawah 10%. Setelah kelopak bunga rosella mengering kemudian di kemas dengan pengemas plastik. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Pembuatan Teh Rosella"

Post a Comment